Jenis Ayam Bangkok di Indonesia

Diposting pada

Jenis Ayam Bangkok di IndonesiaJenis Ayam Bangkok Petarung di Indonesia

Jenis Ayam Bangkok di Indonesia merupakan ayam yang sering di pakai sebagai jagoan dalam arena sabung ayam dan terkadang sebagai koleksi.

Ayam bangkok merupakan unggas yang sangat terkenal sebagai petarung handal di arena sabung ayam. Jika kalian ingin menjadi pengadu unggas , sebagai pemula anda harus berhati – hati untuk membeli tipe ayam bangkok.

Karena untuk Indonesia, ayam bangkok murni dan asli dari thailand sangat susah untuk di temukan dan harganya yang mahal. Dan di Indonesia, unggas  bangkok yang di perjual belikan merupakan ayam bangkok hasil dari kawin silang antara ayam bangko asli dan juga unggas betina lokal.

Dan untuk menentukan kualitas unggas yang baik, kalian harus ketahui jenis, bentuk fisik, warna dari bulu ayam bangkok, dan ciri sisik pada kakinya.

Akan tetapi sebelum itu kalian harus ketahui beberapa hal yang perlu di ketahui sebagai berikut.

Asal dari Ayam Bangkok

Sejarah awal dari adanya petarungan unggas adalah dari Cina pada tahun 1400 – an. Dimana sabung ayam merupaakn kegiatan adu unggas , yang berhubungan dengan ayam petarung dari negeri Tirai bambu, china.

Dan hingga saat ini sabung ayam masih di lakukan di cina. Terkadang para pecinta sabung unggas akan rela pergi ke negeri tersebut. Hanya untuk mencari anak unggas atau petarung handal yang gagah untuk mendapatkan calon pemenang di dalam arena sabung ayam.

Setelah itu masyarakat di cina mencoba untuk kawin silang untuk unggas  jenis petarung lainnya dari Thailand, india, dan juga Laos. Dimaan mereka mendapatkan bibit tangguh yang sangat sulit untuk di kalahkan.

Bahkan unggas jenis baru tersebut mampu mengalahkan ayam lawan dengan satu pukulan saja. Unggas jenis itu mendapatkan julukan Kings Chicken.

Dimana salah satu karakteristiknya adalah dengan memiliki gerakan yang lincah, cepat, dan mampu memukul lawan dengan keras. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa unggas dari cina ini masuk ke Thailand dan menjadi bibit pertama untuk ayam bangkok sebagai jenis unggas petarung terkuat di Dunia.

Sejarah Ayam Bangkok di Indonesia

Pada dasarnya, ayam bangkok telah lama masuk ke tanah air. Jenis unggas  Bangkok di Indonesia oleh pencinta unggas aduan lokal banyak yang rela membeli ayam bangkok asal Thailand demi memperoleh unggas aduan cocok dengan keinginan.

Impor ayam bangkok juga tidak bisa di hindari karena banyaknya peminat unggas aduan satu ini. Unggas ini mulai di biakan dengan kawin silang dengan unggas petarung tipe lain sejak masuk ke Indonesia.

Kawin silang tersebut bertujuan agar memperoleh bibit unggas petarung yang bermutu tinggi juga bisa menjadi pendominasi juara dalam pertandingan sabung ayam.

Karakteristik Badan Ayam Bangkok

Disaat akan membeli ayam bangkok salah satu hal penting yang harus Kamu perhatikan adalah bentuk fisiknya. Kualitas indukan sangat pengaruhi bentuk tubuh unggas bangkok, baik induk jantan ataupun betina.

Tidak hanya itu, pemberian pakan yang rutin, vitamin, serta latihan yang teratur bisa membuat Kualitas ayam bangkok terus menjadi baik. Berikut ciri tubuh ayam bangkok bermutu tinggi sebagai berikut

  • Otot serta posturnya tegap, kala diraba juga terasa empuk.
  • Tangguh dipertarungan karena tulangnya yang tebal.
  • Tulang paha yang besar serta kuat.
  • Kepala berbentuk seperti buah pinang serta berukuran besar.
  • Memiliki kesamaan corak pada mata, kaki, paru, serta bulu.
  • Memiliki jengger yang tidak agresif serta menyamai blangkon.
  • Dari kelingking sampai kakinya bersisik serta berderet tanpa putus.

Sisik Kaki Ayam Bangkok

Ayam bangkok aduan yang bermutu pula dapat dilihat dari sisik kakinya. Kemampuannya di arena tarung akan di perngaruhi oleh bentuk fisik pada sisik kakinya.

Berikut adalah tipe sisik kaki unggas yang bisa jadi karakteristik keunggulannya dalam bertarung di perlombaan.

  • Sisik batu rantai adalah tipe sisik yang berbaris rapi tidak terputus mulai dari kelingking hingga kaki.
  • Sisik batu lapak adalah tipe sisik yang apik susunannya, khususnya pada bagian tapak kaki.
  • Untuk Sisik naga mangsa adalah tipe sisik yang melingkar pada pergelangan kaki unggas .
  • Sisik naga temurun adalah tipe sisik yang rapi susunannya di balik kakinya hingga dasar.
  • Sisik naga banda adalah tipe sisik yang di sebut juga dengan “beras wutah”( beras taburan). Tidak hanya itu, sisik ini pula menyerpai buah salak.
  • Untuk Sisik batu karang adalah tipe sisik yang nampak rusak pada kakinya.
  • Sisik tanjung karang adalah sisik yang terletak pada bagian balik jari kanan serta kiri.
  • Sisik satria sinekti adalah adalah tipe kaki unggas tanpa sisik sehingga nampak lembut.

Jenis Ayam Bangkok di Indonesia Menurut Warnanya

Ada 5 corak yang diyakini menjadi faktor untuk Kualitas unggas bangkok. Berikut adalah jenis- jenis ayam bangkok aduan yang berasal pada corak yang dimilikinya.

1. Ayam Bangkok Wiring

Salah satu corak bulu ayam bangkok jantan yang populer adalah wiring. Corak dasar gelap serta bulu rawis leher juga ekornya yang Memiliki perbandingan corak, jadi karakteristik khas ayam bangkok wiring.

Jadi salah satu tipe ayam bangkok luar biasa, ayam bangkok wiring terus dicari untuk unggas dikoleksi. Para pencinta unggas aduan tahu bahwa unggas  ini memiliki 3 tipe corak wiring, yaitu wiring geni( yang Memiliki rawis kuning kemerahan), wiring kuning( Memiliki rawis kuning keemasan). Wiring galih( Memiliki rawis merah tua serta kecoklatan).

2. Ayam Bangkok Wangkas

Corak dasar ayam bangkok wangkas Memiliki kesamaan dengan rawisnya. Ada 2 tipe ayam bangkok wangkas, adalah yang Memiliki corak wangkas emas( pada bulunya bercorak kuning) serta yang Memiliki corak wangkas geni( pada bulunya bercorak hitam kemerahan).

3. Ayam Bangkok Hitam

Ayam bangkok ini Memiliki karakteristik khas corak gelap pekat di segala badannya serta adalah hewan asli import dari Thailand. Corak gelap pekat tersebut ada pada paruh, mata, kaki, serta bulunya.

Corak gelap pekat yang merata pada unggas ini dipercaya oleh golongan pencinta unggas aduan bagaikan karakteristik unggas petarung yang bermutu.

4. Ayam Bangkok Blorok

Ayam bangkok blorok Memiliki karakteristik corak dasar gelap serta warna bercak- bercak bercorak putih. Tidak hanya itu, tipe ayam bangkok petarung ini Memiliki corak sandangan kuning dan juga merah.

Baca juga : Merawat Ayam Bangkok Yang Benar