Jenis Petarung Bangkok di Indonesia

Diposting pada

Jenis Petarung Bangkok di IndonesiaMengetahui Jenis Ayam Aduan Bangkok di Indonesia

Jenis Petarung Bangkok di Indonesia adalah beberapa ayam bangkkok yang di kembangkan melalui kawin silang dengan ayam betina asli Indonesia.

Untuk anda yang memlihara ayam baik itu sebagai koleksi, maupun sebagai ayam aduan. Pasti tidak asing lagi dengan nama ayam aduan dari Thailand.

Nama dari ayam tersebut di ambila dari nama kota yg ada di Thailand, Yaitu Bangkok. Ayam bangkok ini memiliki kelebihan dan kekuatan yang tidak akan dimiliki oleh ayam lain.

Dimana ayam bangkok memiliki postur tubuh yang tegap hingga hampir 90°. Karena ciri fisiknya yg gagah, ayam bangkok juga menjadi koleksi karena memiliki keindahan bentuk tubuh petarung yang bisa di bilang sempurna.

Akan tetapi petarung bangkok yang di gunakan sebagai petarung. petarung bangkok terkenal akan keperkasaannya dalam melawan musuh.

Dimana petarung ini akan memiliki ketangguhan dan pantang menyerah dalam menghadapi musuh. Sehingga banyak pecinta sabung petarung akan mencari petarung ini sebagai jagoannya di Indonesia.

Dan kalian bisa mencari bibit, maupun mencari petarung bangkok yg matang sebagai petarung bangkok petarung. Untuk perawatan petarung bangkok bisa dibilang tidak terlalu rumit.

Karena faktor itu juga, pecinta petarung sabung mencari petarung ini. Dengan petarung yang di kenal sebagai ras super sebagai petarung di Indonesia.

Asal Usul Petarung Bangkok

Seperti dengan namanya, petarung Bangkok merupakan jenis petarung asli dari Thailand. Tetapi petarung ini tidak begitu saja hidup di alam liar di Thailand.

Kedatangan petarung Bangkok ini sebenarnya bermula dari usaha masyarakat setempat untuk menciptakan jenis petarung jago baru. Yang telah sukses dan diberi nama King’ s Chicken.

Sebab memiliki gerakan yg cepat dan juga kekuatan besar saat bertarung. Pedagang Cina yang sedang berada di Negeri Gajah Putih ini tertarik dengan petarung jago tersebut.

Dan tidak sedikit masyarakat Cina menjuluki petarung tersebut dengan istilah Leung Hang Zhao. Petarung ini berikutnya populer pada masanya sampai ke Negeri Tirai Bambu.

Petarung Bangkok setelah itu terkenal di Cina. Warga setempat berusaha untuk memperoleh bibit petarung aduan dengan mutu bagus. Salah satu triknya dengan kawin silang petarung asli Cina dengan petarung Bangkok. Dan pada akhirnya, jenis petarung baru sukses diperoleh. Dimana petarung hasil kawin silang itu memiliki kekokohan yang setara dengan ras petarung Bangkok.

Di Tanah Air Indonesia, petarung Bangkok awal kali di import ke daerah Jawa Timur. Tepatnya di Kota Tuban. Ayam petarung jenis ini begitu perkasa sehingga mulai diminati sebagian besar warga Indonesia yg hobi memelihara petarung.

Sama halnya dengan yang di lakukan oleh penduduk Cina, petarung Bangkok di Indonesia pula seringkali menggunakan petarung ini untuk proses kawin silang untuk memperoleh bibit petarung bermutu unggulan.

Inilah yang membuat petarung Bangkok di Indonesia memiliki ciri fisik  sedikit berbeda dengan petarung Bangkok dari Thailand.

Walaupun penampilannya beda, petarung Bangkok di Indonesia gak kalah jago. Di saat pertandingan sabung petarung, gerakan petarung Bangkok ini lumayan mematikan lawan. Hal tersebut merupakan faktor mengapa petarung Bangkok digandrungi para pencintanya di segala Indonesia.

Ciri Asli petarung Bangkok asal Thailand

Diketahui sebagai ras petarung jagoan, petarung Bangkok memiliki bentuk fisik berbeda dengan petarung Jenis Petarung Bangkok di Indonesia.

1. petarung Bangkok sehat memiliki ukuran badan besar dan juga postur badan tegap

2. Matanya nampak cerah Di saat dilihat secara langsung

3. petarung bangkok asli Memiliki leher panjang

4. Berjengger rose dan juga pial pendek bercorak merah

5. Paruh petarung Bangkok bercorak kuning, nampak lebih panjang dan juga tebal

6. Kaki petarung Bangkok nampak bundar dan juga kering

7. Sisiknya bercorak kuning dan juga nampak rapi

8. Bobot ataupun beratnya antara 3- 4 kilogram Di saat berusia.

Dengan ciri – ciri di atas, petarung Bangkok dapat bergerak lincah, cepat saat adu petarung. Serangan petarung Bangkok sangat keras dan juga mematikan untuk lawannya. Bukan hanya manusia saja yg pintar, petarung Bangkok juga diketahui memiliki tingkatan kecerdasan yang baik sehingga buatnya lebih unggul saat bertarung.

jenis petarung Bangkok di Indonesia

Di Indonesia, ayam bangkok sering di gunakan sebagai indukan kawin silang dengan ayam betina lokal dengan ras petarung seperti ciparage, ayam bali, ayam banten, dan juga ayam tolaki. Oleh sebab itu, ayam bangkok di Indonesia memiliki beragam Jenis Petarung Bangkok di Indonesia yang akan dapat di kenali dengan corak pada bulunya.

Dan berikut ini adalah beberapa ayam bangkok hasil kawin silang di Indonesia menurut corak dan warnanya.

1. Ayam Bangkok Wiring

Bercorak dasar gelap, corak bulu rawis kemerahan, ekor kuning kemerahan. jenis ini bisa jadi seringkali Kamu amati di tempat umum.

2. Ayam Bangkok Wangkas

Corak dasar kuning kemerahan ataupun keemasan dari badan sampai rawisnya.

3. Ayam Bangkok Klawu, Jragem, dan juga Putih.

Ayam Bangkok Klawu bercorak asli abu- abu dengan kombinasi corak lain, semacam, gelap, merah, ataupun kuning gading. untuk jenis Jragem, bercorak dasar gelap pada bulunya.

4. Ayam Bangkok Jali

Diucap pula dengan nama Ayam Blirik sebab bulunya yg berbintik- bintik dengan corak putih, gelap, dan juga merah.

5. Ayam Bangkok Blorok

Nyaris mirip dengan ayam Bangkok jenis Jali. Jika Jali memiliki warna bercak- bercak apik, Ayam Bangkok Blorok malah menuju ke warna totol- totol dengan dominasi corak putih.

Ayam Bangkok Blorok dibedakan lagi jadi 2 jenis, yaitu Blorok biasa dan juga Blorok Madu. Sebab memiliki bonus campuran corak merah dan juga hijau, Ayam Bangkok Blorok Madu lebih banyak dicari dibanding Blorok biasa.

Baca juga : Jenis Ayam Bangkok di Indonesia