Merawat Ayam Bangkok Yang Benar

Diposting pada

Merawat Ayam Bangkok Yang BenarMerawat Ayam Bangkok Yang Benar di Indonesia

Merawat Ayam Bangkok Yang Benar adalah hal penting yang harus di perhatikan. Karena jika tidak, peliharaan kita akan mudah terkena penyakit.

Ayam bangkok adalah yang pejantan yang memiliki kelebihan dalam bertarung. Dimana jenis unggas ini merupakan salah satu unggas dengan kualitas super dalam bertanding di kompetensi bergengsi seperti sabung ayam.

DI Indonesaia terdapat berbagai grup atau komunitas peceinta unggas jago. Dimana ayam bangkok adalah ayam Bangkok yang selalu di idam – idamkan sebagai unggas jago pilihannya.

Bila kalian memiliki ayam Bangkok ini, maka kalian harus mengetahui cara merawatnya. Dan di dalam artikel ini kita akan bahas lebih lanjut untuk cara merawat ayam Bangkok ini.

Ayam Bangkok

Ayam bangkok merupakan jenis ayam petarung dengan gaya bertarung yang sangat baik. Dan memiliki performa di atas dari unggas lainnya.

Akan tetapi tidak semua ayam bangkok di Indonesia memiliki kualitas yang baik. Karena kebanyakan ayam bangkok di Indonesia merupakan hasil kawin silang dengan unggas lokal.

Oleh karena itu keturunan yang di hasilkan di Indonesia memiliki ciri fisik dan gaya bertarung yang berbeda-  beda. Untuk unggas asli dari thailand ini sering di sebut dengan Bangkok karena di Import asli dari Thailand.

Karena kualitas importnya tersebut, unggas ini di nilai mahal baik oleh para kolektor maupun para pengadu unggas profesional. Ayam bangkok yang ada di Indonesia memiliki berbagai gaya bertarung yang berbeda – beda.

Hal tersebut tergantung pada indukan hasil dari kawin silang dengan ayam Bangkokk tersebut. Ada ayam bangkok yang sangat ahli dalam mengunci dengan leher, pukul lari, atau pura – pura kalah.

Untuk mendapatkan ayam bangkok terbaik untuk mengikuti kompetisi sabung ayam. Para pembudi daya maupun pengadu ayam akan melatih ayam bangkok dengan benar.

Latihan – latihan tersebut di lakukan oleh ayam bangkok mudah yang baru berumur 6 sampai 7 bulan.  Dimana ayam bangkok tersebut baru mengleuarkan bulu dengan warna hijau dan merah.

Di usia tersebut merupakan unggas yang baru belajar berkokok, sehingga pada usia tersebut merupakan usia yang cocok untuk dilatih sebagai unggas petarung.

Dan berikut ini adalah ciri – ciri ayam Bangkok asli saat masih Muda

  • Bangkok muda memiliki tubuh yang tinggi dan juga tega dengan bentuk tubuh yang ramping.
  • Kepala seperti burung jalak bali.
  • Leher Bangkok muda lebih panjang dari anak unggas pada umumnya.
  • Paruh pada bangkok muda memiliki garis tengah seperti pada burung rajawali.
  • Mata yang dimiliki bangkok mudah terlihat bulat dan juga mengkilap seperti basah dan menjorok kedalam.
  • Tulang pada kaki memiliki bentuk bulat
  • Tulang pada leher bangkok muda tersusun secara rapat dan juga panjang.
  • Kaki bangkok muda memiliki sisik besar dengan jari kaki yang panjang, dan lutut kaki unggas tersebut menekuk kebelakang.

Tanda bahwa Ayam Bangkok Sudah Dewasa

  • Batok kepala dan juga tulang pada bangkok dewasa terlihat besar
  • Bulu bersih dan mengkilap dan terasa kaku bila di raba pada bagian sayap dan juga ekor
  • Kepala bangkok dewasa asli memiliki bentuk seperti buah pinang.
  • Paruh pada bangkok dewasa memiliki ukuran yang besar dan juga tebal sehingga kuat untuk mematuk unggas lawan.
  • Kaki pada ayam bangkok dewasa memiliki sisik yang kasar.
  • Jari kaki pada ayam bangkok dewasa memiliki ukuran yang panjang, kecil, dan jiuga terlihat kuat.
  • Memiliki akurasi yang baik dalam memukul lawan dengan pukulan yang kuat.
  • Memiliki tubuh yang tegap dan juga gagah saat berdiri.

Cara Merawat Bangkok Dewasa

Untuk merawat bangkok petarung cukup mudah untuk di lakukan. Yang harus di miliki dalam merawat ayam bangkok tersebut harus memiliki kesabaran akan rutinitas yang wajib di lakukan.

Karena perawatan yang baik akan membuat kesehatan ayam terjaga dan kebal akan serangan penyakit yang di sebabkan oleh virus, bakteri, maupun parasite lainnya.

Berikut ini adalah hal – hal yang harus kalian perhatikan dalam merawat ayam bangkok dengan benar.

Pakan Ayam

Untuk perawatan unggas jago dari Thailand ini, kita perlu meperhatikan makanan yang masuk ke dalam ayam Bangkok. Dimana pakan unggas ini merupakan salah satu sumber energi yang dibubtuhkan oleh ayam bangkok.

Dimana dengan kualitas pakan yang baik, akan menjadi faktor dimana kondisi tubuh ayam bangkok akan terjaga dalam bertarung melawan unggas lain.

Untuk pakan yang baik, harus menyesuaikan takarannya seperti ukuran tubuh pada ayam bangkok. Contohnya bila berat dari tubuh bangkok tersebut 3 hingga 4 kg, maka pakan yang di berikan kepada unggas tersebut harus 200 hingga 300 gram sekalia makan.

Selain itu, jenis pakan juga harus menyesuaikan dengan umur ayam. Dimana untuk ayam dewasa, kalian dapat menambahkan jagung sebagai tambahannya.

Penambahan supemen dan juyga vitamin wajib diberikan, dimana vitamin dapat kalian berikan pada saat sore hari. Sehingga pada kondisi yang tenang dan rileks di malam hari akan memudahkan penyerapan vitamin yang di santap oleh ayam.

Memandikan Ayam secara Rutin

Agar Bangkok dewasa memiliki kesehatan yang sempurna. Semua kotoran yang mengandung kuman, bakteri, dan virus dapat berkurang dengan memandikan unggas tiap pagi. Akan tetapi kalian harus menggunakan air bersih untuk memandikan ayamnya.

Menjemur Ayam Setelah Mandi

Setelah kalian selsai memandikan ayam bangkok tersebut, silahkan jemur unggas tersebut dengan memasukkanya ke sangkar lingkaran. Dimana dengan menjemur unggas yang baiknya di lakukan pada pagi hari pukul 8 hingga 10.

Dimana selain dapat mengeringkan sisa air yang ada di bulu unggas setelah mandi, sinar matahari akan memberikan vitamin kepada kesehatan unggas .

Baca juga : Kelebihan Judi Sabung Ayam Online