Sabung Ayam Petarung Aseel

Diposting pada

Sabung Ayam Petarung AseelKehebatan Sabung Ayam Petarung Aseel

Sabung Ayam Petarung Aseel adalah jenis ayam petarung yang bisa di bilang menjadi ayam leluhur untuk petarung modern di sabung ayam sekarang.

Dimana di arena sabung ayam, dua ayam akan di pertemukan untuk bertarung satu sama lain. Yang akan di adu di dalam arena kusus sebagai tempat bertarungnya.

Pada umumnya, pertandingan ini akan di nyatakan selesai apabila salah satu ayam kabur dari petarung lain, kalah, bahkan sampai ada yang mati di arena. Dan karena kepopulerannya, permainan sabung ayam ini di ikuti oleh perjudian.

Segala aktivitas perjudian di dalam arena sabung ayam tidak di perbolehkan. Dimana hal tersebut merupakan salah satu aturan yang ada di Indonesia dan juga Thailand sebagai peraturan wajib di dalam arena sabung ayam.

Karena perjudian akan selalu mengacu ke hal yang lebih negatif. Dengan begitu, memiliki peraturan yang wajib di taati oleh semua orang di arena akan menjaga keamanan dan ketertiban.

Baik pertaruan tersebut di peruntukkan untuk penonton, pengadu, wasit, dan juga petarung yang mengikuti pertandingan sabung ayam.

Untuk petarung – petarung yang mengikuti pertandingan sabung ayam tersebut. Terdapat berbagai ras dan juga jenis petarung pilihan.

Biasanya di arena pertarungan sabung ayam kita akan menemukan ayam bangkok, petarung peruvian, petarung filipina, shamo, dan juga lainnya.  Yang memiliki kualitas dan berpotensi sebagai pemenang.

Dan di dalam ini kita akan bahas lebih lanjut tentang ras petarung yang menjadi ras petarung di arena sabung ayam paling tua di dunia. Nama dari ras tersebut adalah petarung Aseel.

Sejarah Singkat Ayam Asil / Aseel

Jenis ayam aseel ini merupakan jenis petarung yang di tetapkan sebagai ayam petarung paling tua. Dimana petarung aseel tersebut merupakan petarung yang berasal dari India.

Dimana petarung tersebut telah dimanfaatkan sebagai ayam petarung dari beratus tahun lamanya. Sehingga jenis petarung ini merupakan jenis ayam yang di manfaatkan dan di pelihara, maupun din latih sebagai petarung di dunia sabung ayam.

Dimana kata Aseel di dapatkan dari kata Asil yang berasal dari bahasa arab yang artinya adalah Murni. Yang di ucapkan dengan ejaan Aseel.

Ayam aseel telah menjadi petarung yang di kenal sebagai petarung yang pintar dalam melakukan serangan dan juga pertahanan. Dan pintar berfikir secara taktis untuk menghemat tenaga dalam bertarung dengan waktu yang cukup lama.

Konon katanya, petarung jenis ini memiliki kemampuan bertahan hingga 2 jam non stop. Selain itu, petarung ras aseel ini juga di katakan sebagai ras leluhur untuk ayam petarung modern filipina, shamo, bangkok dan sebagainya.

Ayam aseel memiliki ciri fisik dengan postur tubuh yang tegap seperti pada ayam petarung lainnya. Dimana petarung tersebut memiliki kepala dan juga leher yang berukuran besar dan melengkuk.

Selain itu, aseel punya senjata yang berupa paruh runcing dan punya  ketebalan yang baik seperti paruh burung elang. Untuk bagian kakinya, ia memiliki struktur tulang yang tebal dan juga kuat.

Untuk pada bagian tubuhnya, petarung ini memiliki bulu yang bisa di bilang kaku, keras, dan juga berminyak. Selain itu, jenis petarung aseel sabung ayam ini merupakan jenis yang memiliki corak bulu yang bervariasi.

Untuk mengetahui nama – nama coraknya terdapat nama corak petarung aseel sebagai berikut ini.

  • Kulang Asil
  • Sindhi Asil
  • Madras Asil
  • Reza Asil
  • Mianwali
  • Jawa Asil
  • Amroha
  • dan, Lasani Asil

Selain itu, kalian dapat melihat tingkat keagresifan pada masing – masing jenis ayam aseel. DImana hal tersebut merupakan salah satu faktor untuk membedakan jenis petarung aseel dengan petarung lain di arena sabung ayam.

Ciri Penting Pada Petarung Aseel

Bagi kalian yang ingin mencari ayam aseel, anda dapat bedakan petarung lain dengan ciri – ciri sebagai berikut.

Bermental Kuat Seperti Baja

Karena ayamn aseel ini akan mampu bertarung hingga 2 jam lebih tanpa henti jika tidak di pisahkan oleh para pengadu.

Tidak seperti ayam yang bermental tempe, dimana petarung yang tidak memiliki mental baik akan kabur jika terluka, bahkan hanya bertahan hingga 5 menit saja.

Struktur Tulang Rapat

Untuk ayam aseel asli, petarung ini memiliki ciri fisik yang dapat di ketahui dengan cara di rasakan pada bagian tulangnya. Karena petarung aseel yang sehat dan berkualitas akan memiliki struktur tulang – belulang yang rapat

Gaya Bertarung Yang Baik

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, ayam aseel asli akan pandai dalam menghemat tenaganya, dan memiliki keseimbangan dalam melakukan penyerangan maupun pertahanan terhadap petarung lain.

Ketepatan Penyerangan

Selain memiliki ciri tubuh yang baik, ayam aseel juga memiliki akurasi yang baik dalam menyerang bagian tubuh lawan. Karena ciri petarung aseel yang kuat, petarung ini akan memiliki serangan pukulan yang keras dan juga kuat.

Sistem Imun Yang Kuat

Tidak seperti petarung modern yang terkadang rentan akan penyakit, petarung aseel ini merupakan ayam yang memiliki kekebalan tubuh yang baik. Sehingga dia tidak akank mudah terserang penyakit menular, terutama yang terjadi pada saat musim hujan.

Gaya Bertarung

Walau sering di katakan sebagai ayam yang memiliki gerakan badan. Tetapi kenyataanya, petarung ini memiliki tubuh yang mampu bergerak dengan cepat.

Dan terdapat cerita dimana ayam aseel ini di tarungkan di arena, dengan petarung jago lainnya dengan kecepatan menyerang tinggi. Akan tetapi waktu belum mencapa lima menit, ayam aseel mampu mengalahkan petarung lawan.

Baca juga : Jenis Petarung Bangkok di Indonesia